Senin, 20 Februari 2012

Yunani Pecat 15.000 Pegawai Negeri

[imagetag]

Demonstran duduk di depan gedung parlemen Yunani (REUTERS/John Kolesidis )

VIVAnews - Pemerintah Yunani secara resmi mengesahkan tahap akhir langkah penghematan yang diperlukan negara ini untuk lolos dari krisis. Penghematan ini juga merupakan salah satu syarat dari Uni Eropa untuk dana talangan baru sebesar 130 miliar euro.

Seperti diberitakan Reuters, pengesahan ini dilakukan kabinet pemerintahan Perdana Menteri Lucas Papademos pada Sabtu, 18 Februari 2012. Pengesahan dilakukan setelah langkah penghematan disetujui parlemen pada minggu lalu.

Dengan disahkannya langkah ini, pemerintah Yunani akan memecat 15.000 pegawai negeri dan memotong upah minimun hingga 20 persen, dari 751 euro menjadi 600 euro. Pemecatan akan memperburuk tingkat pengangguran di Yunani yang telah mencapai 21 persen. Diharapkan, langkah ini akan dapat menghemat anggaran negara hingga 325 juta euro.

Selain itu, kabinet juga telah menyetujui langkah konversi utang untuk kreditor swasta pada 8 Maret mendatang. Dengan konversi utang ini, pemerintah akan memotong 70 persen dari nilai sebenarnya dari induk perusahaan para kreditor.

Langkah ini dilakukan Yunani semata-mata untuk meyakinkan Eropa bahwa mereka dapat menurunkan tingkat utang hingga ke tahap yang bisa dikendalikan. Bailout akan diputuskan pada sidang Uni Eropa Senin besok. Salah satu menteri keuangan Uni Eropa yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, peluang Yunani masih ada, walaupun sangat kecil.

Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional, sepakat mengatakan langkah penghematan ini hanya akan membuat utang Yunani menurun hingga 129 persen dari nilai produk domestik brutonya di tahun 2020.

• VIVAnews

19 Feb, 2012

co-ademin 19 Feb, 2012


-
Source: http://situs-berita-terkini.blogspot.com/2012/02/yunani-pecat-15000-pegawai-negeri.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar