Selasa, 21 Februari 2012

Mahal, Harga Menu PKL Selter Simpanglima Disorot


SEMARANG, suaramerdeka.com - Harga sejumlah menu makanan dan minuman yang ditawarakan di PKL selter Simpanglima dinilai mahal. Sistem pelayanan semi pujasera yang diterapkan antara pedagang dan pengelola pun membuat bingung masyarakat.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi B DPRD Kota Hanik Khoiru Sholikah, Minggu (19/2). Menurut politisi PDIP tersebut, ada dua daftar harga yang dikeluarkan. "Satu milik pedagang, sedangkan satunya lagi milik CV Media Utama yang digandeng Dinas Pasar sebagai pengelola selter," katanya.

Adapun harga yang dibutat rekanan pengelola pujasera tersebut lebih tinggi ketimbang harga yang ditawarkan pedagang. Dia memisalkan harga minuman STMJ, pedagang mematok harga Rp 10.000/gelas. Namun harga yang disodorkan pramusaji dari CV Media Utama mencapai Rp 12.000 per gelas. Kondisi ini dikhawatirkan bisa memberi kesan kalau kuliner Simpanglima mahal, dan berdampak panjang bagi pencitraan pedagang.

Dia berharap, baik pedagang maupun pengelola agar mencari solusi terbaik. Jangan sampai, hanya untuk keuntungan sesaat justru Pemkot nantinya yang terkena imbas. Pendapatan retribusi yang diharapkan bisa meningkat setelah dibangunkan selter, justru bisa ditinggalkan pembeli dan pedagang merugi.

Lebih jauh, dari pantauan diketahui belum ada kesepakatan antara pedagang dengan Media Utama terkait harga makanan. Sedangkan kesepakatan baru soal pengelolaan minuman, yakni pengelola menaikkan Rp 1.000 dari yang ditawarkan pedagang.

"Kami memaklumi kenaikan harga yang dipatok pihak pengelola ini karena mereka telah memberikan fasilitas berjualan, seperti kursi dan almari displai. Termasuk pula gaji pramusaji yang menanggung dari rekanan," jelasnya.

Meski begitu, dia berharap ada koordinasi intensif antara pedagang dan pengelola pujasera tersebut yang difasilitasi Dinas Pasar. Jika ada kenaikan harga, selisihnya jangan terlalu membebani pembeli. Begitu pula Dinas Pasar diminta untuk tidak lepas tangan dalam persoalan tersebut.

Sementara itu, Kabid PKL Dinas Pasar Kota Anton Siswartono mengaku, sudah melakukan pengecekan lapangan atas laporan dari Dewan. "Kenaikan harga tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan antara pedagang dan pengelola, baik di harga makanan maupun minuman," tukasnya.

( Hartatik / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter [imagetag] twitter dan Facebook [imagetag] Facebook

19 Feb, 2012

co-ademin 19 Feb, 2012


-
Source: http://situs-berita-terkini.blogspot.com/2012/02/mahal-harga-menu-pkl-selter-simpanglima.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar